Daya Saing Keberlanjutan Usaha Melalui Pemahaman Strategi Pemasaran Kolaborasi Dan Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Di Kecamatan Pamona Selatan, Kabupaten Poso

Holmes Rolandy Kapuy, Sudarto Usuli, Ni Kadek Sriwati, Andik Setiawan

Abstract


Abstrak


Daya saing keberkelanjutan usaha sangat dipengaruhi dari strategi pemasaran yang menekankan kepada aktivitas pemasaran untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan pelaku usaha. Strategi Pemasaran Kolaborasi dan pengembangan Strategi Digital Marketing yang mempengaruhi keberlanjutan usaha, saat ini merupakan suatu keharusan bagi pelaku usaha atau pelaku UMKM agar dapat menjangkau pelanggan serta memanfaatkan peluang bisnis lebih efektif. Peserta dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bergerak dalam usaha kuliner, jasa pariwisata, kerajinan tangan serta kios produk campuran yang berlokasi di wilayah Kecamatan Pamona Selatan. Kegiatan PKM ini bertujuan membantu Peserta PKM dalam upaya memperoleh pengetahuan tentang Strategi Pemasaran Kolaborasi dan pengembangan Strategi Digital Marketing agar mampu meningkatkan keunggulan bersaing. Diskusi dan curah pendapat merupakan metode untuk mengumpulkan informasi yang akan dan menganalisa akar masalah sebelum mengimplementasikan PKM. Strategi ini juga membantu Peserta PKM untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya kesadaran pelaku usaha untuk menerapkan strategi pemasaran kolaborasi dan digital marketing yang tepat, seperti membina kerja sama antar pelaku usaha, strategi penentuan harga yang kompetitif serta promosi online yang efektif. Selain itu, Peserta PKM juga dapat memahami strategi pemasaran dalam memasarkan produk yang dijual. 

Abstract 


The competitiveness of business sustainability is greatly influenced by marketing strategies that emphasize marketing activities to meet the needs of customers and business actors. Collaborative Marketing Strategies and the improvement of Digital Marketing Strategies, which influencing business sustainability, are crucial in today's world for business actors or UMKM (MSME Actors) in order to reach customers and take advantage of business opportunities more effectively. Participants in this Community Service Activity - CSA (PKM) are engaged in culinary businesses, tourism services, handicrafts and mixed product kiosks located in the South Pamona District area. This implementation of CSA aim is to help CSA Participants in efforts to gain knowledge about Collaborative Marketing Strategies and the improvement of Digital Marketing Strategies in order to be able to increase competitive advantage. Discussion and brainstorming are methods to gather information and analyze the root cause before implementing the CSA. This strategy also helps CSA Participants to increase customer satisfaction and loyalty. The results of this CSA shows that there is awareness of business actors to implement the appropriate Collaborative Marketing Strategies and the improvement of Digital Marketing Strategies, such as fostering collaboration between business actors, competitive pricing strategies and effective online promotions. In addition, CSA Participants can also understand marketing strategies to market their products.




Keywords


Keberlanjutan Usaha; Strategi Pemasaran Kolaborasi; Strategi Digital Marketing; Business Sustainability; Collaborative Marketing Strategies; Digital Marketing Strategies

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Custard, M. K. (2021, july 15). Sustainable Marketing: What It Is, Why It Matters, & How to Get It Right . Retrieved from unstack.com: https://www.unstack.com/sustainable- marketing-what-it-is-why-it-matters-how-toget-it-right

Blackwell. (2005). Strategic Management (J. McGee & D. F. Channon (eds.); 2nd ed.). Blackwell Pulishing Ltd.

Philip Kotler, G. A. (2021). Principles of Marketing eighteenth edition.

Robert, M. (2022, May 25). What is Sustainable Marketing? Retrieved from The next scoop: https://thenextscoop.com/sustainable-marketing/

Sanjaya, Ridwan dan Tarigan, Josua. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Urban, Glen (2004) Digital Marketing Strategy. Pearson Education, Upper Saddie River, New Jersey. USA.




DOI: http://dx.doi.org/10.71127/2808-9073.712

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License