Implementasi Literasi Digital untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SD 6 Kasiguncu di Era Society 4.0

Shelvy Ferawati Rurua, Ramadhan Pangewang, Wulan Taluari

Abstract


Abstrak

 

Peningkatan Literasi di SD menjadi sangat penting karena menjadi dasar bagi gerakan literasi di jenjang pendidikan selanjutnya. Implementasi Literasi Digital di SD dapat menjadi alternative bagi guru ntuk meningkatkan kualitas pembelajaran karena dapat memanfaatkan teknologi secara tepat. Literasi Digital menjadi media pembelajaran yang menarik dengan menggunakan sumber digital sebagai alat bantu mencari informasi pembelajaran. Perkembangan tekonologi di era society 4.0 ini membutuhkan guru dengan kompetensi literasi digital yang mumpuni. Guru yang menguasai literasi digital akan lebih mudah berinovasi dalam pembelajaran sehingga siswa memiliki pengalaman belajar yang menyenangkan. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masayarakat ini adalah meningkatnya kemampuan Literasi Digital guru SD dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan bimbingan teknis kepada guru di SD Negeri 6 Kasiguncu.Luaran kegiatan ini yaitu meningkatnya pemahaman mitra  tentang pentingnya Literasi Digital di Era Society 4.0, meningkatnya keterampilan dan kreativitas mitra dalam memanfaatkan Literasi Digital dalam pembelajaran di Era Society 4.0, meningkatnya Kompetensi mitra dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran di Era Society 4.0

 

Abstract

 

Increasing literacy in elementary school is a very important task as it served as cornerstone for literacy in the next educational stages. The implementation of digital literacy in elementary school can be an alternative for teachers to improve the quality of learning as it utilizes technology appropriately. Digital literacy helps to provide interesting learning medium by using digital sources as tools to find information for lessons. Technological advancement in this 4.0 society calls for teachers with qualified digital literacy competence. Teachers who highly knowledgeable in digital literacy are easier to innovate in their teaching so their pupils will have exciting learning experience. The objective of this community service activity was to improve digital literacy of elementary school teachers in utilizing technology for teaching. This community service was conducted in the form of socialization and technical training for teachers in Kasiguncu National Elementary School 6. The outcomes of this activity were partners’ improvement in understanding of the importance of digital literacy, partners’ improvement in skills and creativity in using digital literacy for teaching, and partners’ improvement in competence in using teaching technology in 4.0 society era.

 

 


Keywords


Literasi DIgital; Kompetensi Guru ; Era Society 4.0; Digital Literacy; Teacher Competency; 4.0 Society Era

Full Text:

PDF

References


Abdul,Latip. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Eduteach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2). https://Doi.Org/10.37859/Eduteach.V1i2.1956

Atmojo, I. R. W., Ardiansyah, R., & Wulandari, W. (2022). Classroom Teacher’s Digital Literacy Level based on Instant Digital Competence Assessment (IDCA) Perspective. Mimbar Sekolah Dasar, 9(3), 431–445. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v9i3.51957

Dewanti, R., Febri, B., & Solihat, D. (2022). Digital Literacy in Vocational High School English Learning Materials. English Review: Journal of English Education, 10(2), 667– 678. https://doi.org/10.25134/erjee.v10i2.6305

Diputra, K. S., Tristiantari, N. K. D., & Jayanta, I. N. L. (2020). Gerakan Literasi Digital Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. JCES (Journal of Character Education Society), 3(1), 118–128. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES

Fitriyani, & Mukhlis, S. (2021). Urgensi Penggunaan Digital Literasi dalam Pelaksanaan Pendidikan Dimasa Pandemi: Systematic Literature Review. Jurnal Dikod, 1(1), 13–20.

Harjono, H. S. (2019). Literasi Digital: Prospek Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1). https://Doi.Org/10.22437/Pena.V8i1.6706

Hendaryan R.,Taufik Hidayat., & Shely Herliani. (2022). Pelaksanaan Literasi Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Jurnal Literasi,6(1),142-151. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i1.7218

Indahri, Y. (2022). Joint effort to promote digital literacy from school. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 13(2), 227–242. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/3391/pdf

Kemendikbud .(2021). Modul Literasi Digital di Sekolah Dasar.

Mustofa & B.Heni Budiwati. (2019). Proses Literasi Digital terhadap Anak: Tantangan Pendidikan Zaman Now,Pustaloka:Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan,11(1),114-130.

Rulyansah, A., Mardhotillah, R. R., Budiarti, R. P. N., Afandi, M. D., & Aisah, P. L. (2022). Pengembangan Profesional Pendidik SD dalam Penggunaan Aplikasi Sekolah Literasi Digital Berbasis Artikulasi Artificial Intelligence. Indonesia Berdaya, 4(1). https://doi.org/10.47679/ib.2023383

Rusydiyah, E. F., Purwati, E., & Prabowo, A. (2020). How to use digital literacy as a learning resource for teacher candidates in Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 305–318. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30551

Safitri, I., Marsidin, S., Subandi, A.(2020). Analisis Kebijakan

Terkait Kebijakan Literasi Digital di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(2). 176-180

Sumiati, E., & Wijonarko. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat Dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65–80.

Supriati, E. (2021). Manajemen perpustakaan dalam mendukung gerakan literasi digital di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Madiun. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(2), 201–218.

Surur, M., Dian Nurtjahyani, S., Agusti, A., & Yana, I. (2023). The Effect of Project Based Learning on Digital Literacy Skills and Conceptual Understanding in an Online-Based Flipped Classroom Environment. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 849–856. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.5681

Suwarto, D. H., Setiawan, B., & Machmiyah, S. (2022). Developing Digital Literacy Practices in Yogyakarta Elementary Schools. Electronic Journal of E-Learning, 20(2), 101–111. https://doi.org/10.34190/ejel.20.2.2602

Tuna, Yulisnawati. (2021). Literasi Digital dalam Pembelajaran di SD sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar: Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Uswatun Khasanah, & Herina. (2019). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 21.

Yusuf, M., Saifudin, A., & Zahrok, A. N. (2022). Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kemampuan literasi digital guru pada masa pandemi covid-19. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 80–96.




DOI: http://dx.doi.org/10.71127/2808-9073.701

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License