Peningkatan Keterampilan Membaca Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Menggunakan Media Gambar di SDN Tagolu

Vivin Krismawanti Modjanggo, Ika Paramitha Lantu, Yuliana Dg Macora

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkan keterampilan membaca kosa kata bahasa Inggris siswa kelas V di SDN Tagolu, Kecamatan Lage dengan menggunakan media gambar. Tujuan tersebut untuk menjawab rendahnya kemampuan baca bahasa Inggris anak Indonesia pada umumnya dan khususnya siswa kelas V SDN Tagolu. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Tagolu, Kec. Lage. Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara mengadakan pelatihan sehari dengan kepada 20 orang siswa kelas V SDN Tagolu. Tim Pelaksana menggunakan gambar sebagai media pembelajaran berupa gambar ilustrasi cetak sesuai tema. Adapun tema yang digunakan adalah plants, animals, jobs, fruits, dan thing around us. Pada kegiatan pembuka, Tim pelaksana melakukan greeting dan memperkenalkan diri, warming-up dengan menyebutkan English alphabet, name of the day, serta menyanyikan beberapa lagu berbahasa Inggris, dilanjutkan dengan energizer yaitu memberikan latihan menyusun puzzle secara berkelompok. Pada kegiatan Inti, siswa dibagi ke dalam 5 kelompok yang terdiri dari 4 orang, yang diajarkan secara bergantian menebak gambar menyebutkan namanya dalam Bahasa Indonesia, kemudian mengeja dan membaca kosa kata Bahasa Inggris dari gambar yang tersedia pada setiap tema. Di tahap kegiatan penutup dilakukan evaluasi kepada siswa dengan mengetes daya ingat mereka melalui lomba menebak gambar, serta mengeja dan membaca kosa kata Bahasa Inggris.

Keywords


Keterampilan Membaca; Kosa Kata Bahasa Inggris; Media Gambar

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill

Chaplin, J.P. 2000. Kamus Lengkap Psikologi, Terjemahan Kartini Kartono. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hartono. 2016. Manajemen Perpustakaan Sekolah: Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, hal. 281

Haryanti, T. 2014. Diakses dari http://www.triniharyanti.id/2014/02/membangun- budaya-literasi-dengan.html

Muhyiin A. 2017. Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Bahasa Indonesia Di Kelas Awal. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/319301370

Slamet St. Y. 2008. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.71127/2808-9073.601

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License