Desain Materi Presentasi dan Video Pembelajaran Menggunakan Canva Bagi Guru di SMA N 4 Poso
Abstract
Media merupakan alat bantu yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, yaitu untuk menyalurkan pesan/informasi dari guru kepada peserta didik. Guru diharapkan mampu mendesain berbagai macam media pembelajaran yang menarik agar menarik minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan maju, memunculkan berbagai macam aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satu diantaranya yaitu canva. Canva merupakan aplikasi berbasis online dengan menyediakan desain menarik berupa template, fitu-fitur, dan kategori- kategori yang diberikan di dalamnya. Melalui canva guru dapat membuat konten pelajaran yang amat menarik dan mengadakan aktivitas untuk peserta didik di kelas ataupun secara online. Dengan desain yang beragam dan menarik, membuat proses pembelajaran menjadi tidak membosankan. Namun permasalahan yang dialami oleh para guru di SMN N 4 Poso yaitu guru belum mahir dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran, khususnya aplikasi canva. Oleh karena itu focus penyelesaian masalah dalam kegiatan pengabdian kepada masayarakat ini adalah dengan memberikan pelatihan mendesain media pebeajaran menggunakan aplikasi canva.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SMA N 4 Poso, dengan subjek guru di SMA N 4 Poso yang berjumlah 20 orang. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan pelatihan dan pendampingan yang dilakukan secara bertahap. Keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini di ukur dengan membadingkan desain PPT sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan pengabdian ini.
Capaian hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu guru memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam mendesain materi presentasi dan video pembelajaran menggunakan aplikasi canva. Desain yang dihasilkan jauh lebih menarik, tidak ada kesan monoton seperti tampilan desain media sebelum menggunakan canva. Guru juga merasa puas dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masayarakat ini, bahkan guru menginginkan ada kegiatan serupa lagi yang dilaksanakan di SMA N 4 PosoKeywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, A., Hasanah, A., & Munsi, M. F. (2019). Literasi Visual Melalui Teknologi Canva: Stimulasi Kemampuan Kreativitas Berbahasa Indonesia Mahasiswa. Proceeding Universitas Suryakancana; Education Transformation In Facing Indsutrial Revolution 4.0, 6(1), 183-187.
Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan desain menggunakan aplikasi canva. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291-295.
Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. 2018. Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah?. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. Vol. 3(1), 44.
Nadeak, E., Elfaladonna, F., & Malahayati, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Interaktif Bagi Guru dengan Menggunakan Canva (Studi Kasus: SDN 204 Palembang). Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3), 201-206.
Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan pendampingan desain dan produksi media pembelajaran berbasis aplikasi canva for education bagi guru bahasa di Kota Palembang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171-180.
Sari, V. K., Rusdiana, R. Y., & Putri, W. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva bagi guru SMPN 1 tegalampel bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3).
Tanjung, R. E., & Faiza, D. 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika. Vol. 7(2).
Tonra, W. S., Angkotasan, N., Sari, D. P., & Ikhsan, M. (2023). Menjadi Guru Kreatif Melalui Aplikasi Canva. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 126-133.
Wibowo, T., Johansyah, R., & Astrina, V. (2022). Efektifitas aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi belajar siswa masa kini. J-Simbol, 10(2), 103-107.
Widayanti, L., Kala’lembang, A., Rahayu, W. A., Riska, S. Y., & Sapoetra, Y. A. (2021). Edukasi pembuatan desain grafis menarik menggunakan aplikasi canva. Jurnal pengabdian masyarakat, 2(2), 91-102.
DOI: http://dx.doi.org/10.71127/2808-9073.576
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.