Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Penyusunan Soal Tes Online Berbasis Google Form di SMK GKST Poso

Rini Ntowe Oya, Selvina Doranggi

Abstract


Salah satu evaluasi dalam pembelajaran adalah melalui tes atau latihan soal. Umumnya tes dilakukan secara tertulis dan membutuhkan waktu untuk memeriksanya. Terkadang tidak cukup waktu untuk memeriksanya sehingga hasil evaluasi harian siswa tidak dapat tercapai tepat waktu. Kondisi ini menjadi kendala dalam proses belajar mengajar bagi sebagian guru-guru untuk dapat memeriksa hasil evaluasi dengan cepat, apalagi dalam kondisi masa pandemic covid 19 yang memungkinkan bagi para guru untuk melaksanakan proses belajar mengajar secara online. Salah satu solusinya adalah dengan merancang Tes online menggunakan Google Form. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu guru-guru SMK GKST POSO merancang perangkat tes daring yang efektif melalui Google Form. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu guru-guru SMK GKST POSO merancang perangkat tes daring yang efektif melalui Google Form memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru yang mengajar di sekolah mitra yaitu membuat soal tes online menggunakan media google form. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini ada 3 yaitu pemberian pelatihan secara langsung, pendampingan, serta pengisian angket responden. Luaran yang   dihasilkan dalam pelatihan ini adalah seluruh peserta pelatihan dapat memanfaatkan serta mengaplikasikan media pembelajaran online melalui pembuatan soal tes online berbasis google form.


Keywords


Tes Online; Google Form; Guru; SMK GKST Poso;

Full Text:

PDF

References


Agus Purwanto, dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap ProsesPembelajaran Online di Sekolah. Vol. 2 Nomor 1. https://www.researchgate.net/publication/340661871_Studi_Eksploratif_Dampak_Pandemi_COVID19_Terhadap_Proses_Pembelajaran_Online_di_Sekolah. Diakses tanggal 18 Mei 2020.

Hamdan Husein Batubara, Penggunaan Google Form sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen Di Prodi PgMTs Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari, 2016.

Nana Nuryana. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Kabar Priangan. https://kabar-priangan.com/dampak-pandemicovid-19-terhadap-dunia- pendidikan/. Diakses tanggal 18 Mei 2020.

Pitoyo Budi Santoso, Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Tik, (Purworejo : 2019).

Rahardja, U, dkk. (2018). Pemanfaatan Google Formulir sebagai Sistem Pendaftaran Anggota pada Website Aptisi.or.id. Jurnal Ilmiah Sisfotenika Vol. 8 no. 2, Juli 2018.

Mardiana, dkk (2017). “Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi.”University Research Ccolloquium, 2017, 183–88.




DOI: http://dx.doi.org/10.71127/2808-9073.512

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License