Pendampingan Guru-Guru SMP dalam Mendesain Blended Learning

Olviani Cipta Ningsi Tarinje, Novalita Fransisca Tungka

Abstract


Pelatihan Blended Learning dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru SMP dalam menggunakan ragam teknologi dan merancang kegiatan blended learning. Sasaran kegiatan ini adalah para guru di SMP Negeri 4 Poso Pesisir, Kabupaten Poso. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah Participatory Learning and Action. Hasil kegiatan adalah meningkatnya kemampuan guru menggunakan ragam teknologi dalam kegiatan pembelajaran dan meningkatnya pemahaman guru dalam menggunakan aplikasi pendukung kegiatan pembelajaran yang berbasis teknologi dan mendesain rencana pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi dimasa pandemi. Rekomendasi yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah meneruskan kegiatan serupa dengan sasaran peningkatan keterampilan guru dalam mengevaluasi pelaksanaan blended learning.

Keywords


Blended Learning; Ragam Teknologi; Participatory Learning and Action

Full Text:

PDF

References


Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Fikrotuna, 7(1), 855–866. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3169.

Brian, A., and Volchenkova, K.N. (2016). Blended Learning: Definition, Models, Implication for Higher Education. Bulletin of the South Ural State University. Ser. Education. Educational Sciences. vol. 8, no. 2, pp. 24–30.

Dziuban, C., Graham, C. R., Moskal, P. D., Norberg, A., & Sicilia, N. (2018). Blended Learning: The New Normal and Emerging Technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(3). 1-16. https://doi.org/10.1186/s41239-017-0087-5.

Hadiyanto, H., Apdelmi, A., & Helty, H. (2021). Pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan non formal di Kota Sungai Penuh. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 2(1), 1-6. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/196458.

Irawan, E. (2020). Pelatihan Blended Learning sebagai Upaya Menghadapi Society 5.0. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 4, No., 181–189. http://dx.doi.org/10.30651/aks.v4i2.3499.

Syah, D. H., Sinuraya, J., Panggabean, D. D., & Harahap, M. H. (2020). PKM Pendampingan Guru-Guru SMA Mendesain Dan Menerapkan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Di Era Revolusi Industri 4.0. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 328-335. https://doi.org/10.31960/caradde.v3i2.726.

Tarinje, O. C. N., & Tungka, N. F. (2021). Integrasi Aplikasi WhatsApp Sebagai Media Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian Hibah APBU UNSIMAR, Poso, 40 halaman.

Thorne, K. (2013). Blended Learning: “How to Integrate Online and Traditional Learning”. London, UK: Kogan Page Limited.

Wardani, D. N. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21, Dengan Users Downloads 2852-9931-1-PB.pdf. Jktp, 1(April), 13–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.71127/2808-9073.462

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License