Peningkatan Keterampilan Menulis dan Membaca Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Tonusu Menggunakan Media Gambar
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkan keterampilan menulis dan membaca siswa kelas1 di Sekolah Dasar Negeri 1 Tonusu dengan menggunakan media gambar. Tujuan tersebut untuk menjawab rendahnya minat baca dan menulis anak Indonesia pada umumnya dan khususnya siswa kelas1 di SDN 1 Tonusu. Kegiatan ini telah dilaksanakan di SDN 1 Tonusu, Kec. Pamona Puselemba. Kegiatan ini telah dilaksanakan dengan cara mengadakan pelatihan selama 1 hari dengan 19 orang siswa kelas 1 SDN 1 Tonusu sebagai peserta. Pada kegiatan ini, TIM ABDIMAS menggunaan media gambar sebagai salah satu alternative tindakan dalam upaya membantu siswa terampil dalam menulis dan membaca permulaan. Media gambar yang digunakan dalam kegiatan adalah puzzle dan papan kata yang bertema buah-buahan dan hewan. Para murid sangat antusias ketika kegiatan ABDIMAS berlangsung
This program aims to develop the writing and reading skills of grade 1 students at the SD Negeri 1 Tonusu by using image media. This objective is to answer the low interest in reading and writing of Indonesian children generally, and especially at grade 1 students of SDN 1 Tonusu. This program has been carried out at SDN 1 Tonusu in Pamona Puselemba Sub-district. This activity has been carried out by holding training for 1 day with 19 students of grade 1 at SDN 1 Tonusu as its participants. In this activity, the Team uses image media as an alternative action in an effort to help students become skilled in writing and reading beginnings. The picture media used in the activity are puzzles and word boards with the theme of fruits and animals. The students were very enthusiastic when the activities took place.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, RichardI. 2012. Learning to Teach. New York : McGraw-Hill
Chaplin, J.P. 2000. Kamus Lengkap Psikologi, Terjemahan Kartini Kartono. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hartono. 2016. Manajemen Perpustakaan Sekolah: Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, hal. 281
Haryanti, T. 2014. Diakses dari http://www.triniharyanti.id/2014/02/membangun-budaya-literasi-dengan.html
Slamet St.Y. 2008. Dasar Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Tarigan, H. G. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
DOI: http://dx.doi.org/10.71127/2808-9073.443
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.