Bimbingan Belajar Anak Usia Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada SDI Detuwira-Kabupaten Ende
Abstract
Dampak pandemic covid-19 dalam bidang pendidikan sangatlah signifikan. Peralihan proses pembelajaran dari tatap muka menjadi online mengalami banyak kendala. Pemerintah menghimbau untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 dengan penerapan pembelajaran daring. Faktor ekonomi orang tua dalam menyediakan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan anak selama pembelajaran secara online kurang memadai, seperti membeli Hp android maupun paket data. Masih ada juga orang tua dan guru yang belum secara efektif mampu untuk menggunakan teknologi secara efektif dan efisien. Hal ini akan berdampak pada permerolehan pengetahuan peserta didik. Peserta didik akan ketinggalan materi pembelajaran serta tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Pendekatan yang digunakan untuk mengatasi hambatan yang dihadapi adalah melalui kegiatan bimbingan belajar literasi dan numerasi di lingkungan tempat tinggal peserta didik dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan. Tujuan dari pendekatan ini adalah tutor dapat menyampaikan materi dan membimbing peserta didik secara langsung, serta menciptakan kemandirian motivasi belajar siswa usia sekolah Dasar untuk tetap belajar meskipun keadaan tidak memungkinkan untuk tatap muka di sekolah bersama guru dan teman-temannya. Bimbingan belajar dapat berupa materi-materi pembelajaran literasi untuk siswa kelas 1-3 dan numerasi untuk siswa kelas 4-6 yang belum dipahami maupun mengajarkan kembali topik-topik materi siswa sesuai kelasnya dan pada semester berjalan. Hal ini dapat membantu siswa tetap memperoleh pengetahuan tentang materi-materi yang diberikan sekolah melalui tugas-tugas.
The impact of the Covid-19 pandemic on education is significant. The transition of the learning process from face to face to online experiences many obstacles. The government urges to break the chain of spread of the Covid-19 virus by implementing online learning. The economic factor of parents in providing facilities to meet the needs of children during online learning is inadequate, such as buying an Android cellphone or internet data balance. There are also parents and teachers who have not been able to effectively and efficiently use technology. This will have an impact on the acquisition of student knowledge. Students will miss learning materials and assignments given by the teacher. The approach used to overcome the obstacles faced is through literacy and numeracy tutoring activities in the environment where students live while still paying attention to health protocols. The purpose of this approach is that tutors can deliver material and guide students directly, as well as create independent learning motivation for elementary school-aged students to keep learning even though circumstances do not allow face-to-face meetings at school with teachers and friends. Tutoring can be in the form of literacy learning materials for students in grades 1-3 and numeracy for students in grades 4-6 who have not yet been understood as well as re-teaching students' material topics according to their class and in the current semester. This can help students stay informed about the material provided by the school through assignments.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, R. H. S. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya
Hamalik, Oemar. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1): 1.
Irham, M dan Wiyani.A.N. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Karnawati, & Mardiharto. (2020). Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid-19: Kendala, Solusi, Proyeksi. Jurnal STT Simpson, 13-24 https:// doi.org/10.46445/djce.vlil.291
Sari, Mutmainah, R. N., Yulianingsih, I., & Astari, T. (2020). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 476- 489
doi: 10.31004/obsesi.v5i1.548
Subarto. (2020). Momentum Keluarga Mengembangkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Di Tengah Wabah Pandemi Covid-19. Universitas Pamulang, DOI: 10.15408/41i.15838.
Sun, L., Tang, Y., & Zuo, w. (2020). Corona Virus Pushes Education Online. Nature Materials, 687-687. Doi: https://doi.org/10.1038/s41563-202-0678-8.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 tahun 2020. http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/read-news/surat-edaran-mendikbud-nomor-4- tahun-2020
Tim Gugus Tugas Kab. Ende, (Juni 2021) https://portal.endekab.go.id/home/40-berita/2984-gugus-tugas
Wardani, Anita & Ayriza, Yulia (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 772-782 https:/doi.org/ : 10.31004/obsesi.v5i1.705
DOI: http://dx.doi.org/10.71127/2808-9073.437
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.