Analisis Margin Pemasaran Biji Kakao Kering di Desa Bancea Kecamatan Pamona Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan besarnya margin pemasaran biji kakao kering. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan survey. Penelitian deskriptif dapat diartikan sebagai proses pemecahan masalah yang diselidiki dengan melukiskan keadaan obyek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau bagaimana adanya. Jumlah sampel petani 10 orang dan pedagang pengumpul 2 orang, sedangkan pedagang besar 2 orang dan eksportir 1 orang yang ada di Kabupaten. Dengan seluruh responden berjumlah 15 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan saluran pemasaran yang ada di desa bancea ada tiga saluran pemasaran biji kakao kering dengan Margin pemasaran biji kakao kering yang terbesar Rp.6.500, ada pada pedagang pengumpul dan margin terkecil Rp.1.500, ada pada pedagang besar. untuk memperpendek saluran pemasaran biji kakao kering dan memperkecil margin pemasaran biji kakao kering,adalah membangun/menghidupkan kembali kelompok tani kakao,Gapoktan dan koperasi yang mewadai petani kakao guna menampung hasil panen kakao serta meningkatkan posisi tawar petani kakao terhadap pedagang. Diharapkan adanya intervensi Pemerintah daerah Kabupaten Poso dalam hal perbaikan infrastruktur transportasi guna memudahkan akses langsung ke eksportir.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arinong R.Abd & Kadir Edi. 2008. Analisis Saluran dan Margin Pemasaran Kakao di Desa Timbuseng Kecamatan Pattalasang Kabupaten Gowa. Jurnal Agrisistem Volume 4 N0.2. ISSN 1858-4330.
Kalaba Y. 2007. Analisis Margin Pemasaran Kakao di Kabupaten Donggala, Jurnal Ilmiah Agribisnis Volume 6. N0.2 Penerbit Untad Fakultas Pertanian
Kotler Philip & Armstrong,2000. Dasar-dasar Pemasaran (terjemahan Alexander Sindoro), , Prenhallindo, Jakarta.
Kotler Philip.1993. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan,Implementasi dan Pengendalian. Edisi Ketujuh.Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.
Rahim Abd&Hastuti dwi retno diah. 2008. Ekonomika Pertanian, cetakan kedua, PenerbitPenebar Swadaya Jakarta
Rusli. 1995. Dasar-dasar Penyuluhan.CV.Yasaguna,
Jakarta.
Siregar. H.S. Tumpal, Riyadi Slamet&Nuraeni Laeli 2010. Budidaya Cokelat cetakan pertama, Penerbit Penebar Swadaya. Jakarta
Sudiyono,A.,2002, Pemasaran Pertanian, edisi kedua. Cetakan ke 2 Universitas muhammadiyah malang, Malang.
Sugiyono. 2004. Statistika untuk penelitian.Cetakan Keenam Penerbit Alfabeta Bandung
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan kelimabelas, Penerbit Alfabeta Bandung
Suriatna, S.1988. Metode Penyuluhan Pertanian. Cetakan Pertama, penerbit PT.MSP Jakarta.
.Swastha Basu dan Irawan,2002, Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta : Liberty.
Swastha Basu, 2002. Azas-azas Marketing.Edisi Ketiga. Yogyakarta :Liberty.
DOI: http://dx.doi.org/10.71127/2828-9250.176
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.