Analisis Margin Pemasaran Biji Kakao Kering di Desa Bancea Kecamatan Pamona Selatan

Silvany Annatje Taariwuan

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran     dan   besarnya margin pemasaran  biji kakao kering. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan survey. Penelitian deskriptif dapat diartikan sebagai proses pemecahan masalah yang diselidiki dengan melukiskan keadaan obyek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau bagaimana adanya. Jumlah sampel petani 10 orang dan pedagang pengumpul 2 orang, sedangkan  pedagang besar  2 orang  dan eksportir 1 orang  yang ada di Kabupaten. Dengan seluruh responden berjumlah  15 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan saluran pemasaran yang ada di desa bancea ada tiga saluran pemasaran biji kakao kering dengan Margin pemasaran biji kakao kering yang terbesar   Rp.6.500, ada pada pedagang pengumpul dan margin terkecil Rp.1.500, ada pada pedagang besar.  untuk memperpendek saluran pemasaran biji kakao kering dan  memperkecil margin pemasaran biji kakao kering,adalah membangun/menghidupkan kembali kelompok tani kakao,Gapoktan dan koperasi  yang mewadai petani kakao guna menampung hasil panen kakao serta meningkatkan posisi tawar petani kakao terhadap pedagang. Diharapkan adanya intervensi Pemerintah daerah Kabupaten Poso dalam hal perbaikan infrastruktur transportasi guna memudahkan akses langsung ke eksportir.


Keywords


Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Arinong R.Abd & Kadir Edi. 2008. Analisis Saluran dan Margin Pemasaran Kakao di Desa Timbuseng Kecamatan Pattalasang Kabupaten Gowa. Jurnal Agrisistem Volume 4 N0.2. ISSN 1858-4330.

Kalaba Y. 2007. Analisis Margin Pemasaran Kakao di Kabupaten Donggala, Jurnal Ilmiah Agribisnis Volume 6. N0.2 Penerbit Untad Fakultas Pertanian

Kotler Philip & Armstrong,2000. Dasar-dasar Pemasaran (terjemahan Alexander Sindoro), , Prenhallindo, Jakarta.

Kotler Philip.1993. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan,Implementasi dan Pengendalian. Edisi Ketujuh.Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Rahim Abd&Hastuti dwi retno diah. 2008. Ekonomika Pertanian, cetakan kedua, PenerbitPenebar Swadaya Jakarta

Rusli. 1995. Dasar-dasar Penyuluhan.CV.Yasaguna,

Jakarta.

Siregar. H.S. Tumpal, Riyadi Slamet&Nuraeni Laeli 2010. Budidaya Cokelat cetakan pertama, Penerbit Penebar Swadaya. Jakarta

Sudiyono,A.,2002, Pemasaran Pertanian, edisi kedua. Cetakan ke 2 Universitas muhammadiyah malang, Malang.

Sugiyono. 2004. Statistika untuk penelitian.Cetakan Keenam Penerbit Alfabeta Bandung

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan kelimabelas, Penerbit Alfabeta Bandung

Suriatna, S.1988. Metode Penyuluhan Pertanian. Cetakan Pertama, penerbit PT.MSP Jakarta.

.Swastha Basu dan Irawan,2002, Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta : Liberty.

Swastha Basu, 2002. Azas-azas Marketing.Edisi Ketiga. Yogyakarta :Liberty.




DOI: http://dx.doi.org/10.71127/2828-9250.176

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

Agropet is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.